Menulis empat Paragraf

Menulis Empat Paragraf diawali dengan paragraf pertama yang berisi pembukaan tulisan, salam apa kabar, pemecah dan pengantar kalimat sebelum menginjak paragraf kedua, ketiga dan keempat. Paragraf pertama bisa berisi beberapa kalimat yang mengalir santai di dalam benak Anda.

usai dengan paragraf pertama, pada paragraf kedua Anda bisa mulai memaparkan hal-hal yang cukup teknis atau berupa pertanyaan-pertanyaan teknis menyangkut pokok bahasan yang Anda sampaikan. Seperti dengan bertanya mengapa ada paragraf yang berisi pertanyaan-pertanyaan ? bagaimana cara mendesain pertanyaan yang efektif ? dan sebagainya dengan menggabungkan kata tanya lain seperti dimana kapan, bagaimana, berapa lama , dan lain-lain.

Paragraf ketiga bisa diisi dengan kalimat yang merupakan jawabn-jawaban dari pertanyaan di paragraf kedua. contohnya desain pertanyaan tersebut merupakan cara atau urutan yang saya gunakan untuk memancing kraetifitas dalam menulis suatu topik bahasan. Banyaknya kata tanya bergantung pada seberapa dalam kita ingin membahas suatu topik bahasan. Jawaban yang ada bisa singkat , sederhana atau panjang dalam sebuah uraian ilmiah dengan metode tertentu.

pada paragraf keempat, paragarf ini dapat diisikan kalimat kesimpulan dan arahan, apa yang bisa dilakukan pembaca denagn mengetahui suatu pemaparan solusi yang kita tawarkan pada paragraf ketiga. Arahan tersebut bisa sebuah ide baru atau hal-hal yang sudah ada yang bisa kita kaitkan dengan topik yng kita bahas. Arahan dari seorang tokoh yang sangat kompeten di bidang tersebut.

Advertisements

One thought on “Menulis empat Paragraf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s