Rahasia Menulis

by : ILYAS AFSOH | Penulis Buku 33 Cara Merevolusi Hidup | 0821.4150.2649

Rahasia menulis, masih adakah rahasia menulis di era IT ini? zaman dimana semua orang bisa mengakses informasi secara gratis dengan bantuan Oom Google, Bing serta search engine lainnya. Apalagi bermunculan tulisan-tulisan “buku” dengan tema kiat menulis, baik buku terbitan lokal, buku impor yang diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia. Seingat saya sejak saya di bangku SMA di tahun 1998 saya sudah sudah membaca buku dengan judul “Mengarang itu Gampang”, bahkan saya lupa siapa yang mengarangnya, saya lupa karena buku tersebut saya pinjam dari perpusatakaan SMANDRY yang kecil dan sedikit koleksi.

Berbeda dengan rahasia menulis yaitu menulis rahasia, dimana sang penulis membeberkan semua hal yang disembunyikannya dari umum, dibuka dan dijelaskan agar diketahui oleh banyak orang. Dalam menulis rahasia ini, bisa dilakukan oleh siapapun, dari negara manapun bahkan topik dengan macam apapun. Diantara tulisan tentang rahasia yang menjadi buku laris dan best seller adalah ”The Secret” Karya Rhonda Bryne”. Buku ini dikenalkan oleh sahabat saya yang bernama Meinina Rahayu seorang pengajar Bahasa Indonesia di SMA swasta Surabaya, sekaligus Meinina adalah member MLM Tiansi bintang tiga waktu itu, entah dimana Meinina sekarang.

Di paragraf ini akan saya uraikan bagaimana menggunakan The Law of Atraction / hukum tarik menarik dengan rahasia menulis. Bahwa sebelum menulis – hubungannya di sini adalah menulis sebuah buku – kita melakukan visualisasi (baca kita gambarkan apa yang kita inginkan: misal terhadap buku yang ingin kita tulis), kita getarkan pikiran kita ke alam semesta , kita percayai bahwa proses permintaan kita untuk menulis buku akan menjadi nyata dan yang terakhir kita percaya bahwa buku kita pasti bisa terbit melalui serangkaian proses yang kita lakukan.

Bahkan saya sering merasa terkagum-kagum dengan sahabat saya yang bertanya kepada saya, “Apa rahasia yang saya punyai sehingga saya bisa menulis dan menerbitkan buku?” pertanyaan ini berasal dari sahabat saya seorang pengajar matematika di Bimbel Nasional yang pertama kali membawa naskah bukunya ke penerbit dan ditolak, maka ia pun heran melihat saya bisa menerbitkan buku saya bahkan dengan begitu mudahnya. Dengan nada bercanda saya katakan padanya, “Berani bayar berapa padaku, agar aku ungkapkan rahasiaku menerbitkan buku?” dan kamipun tertawa. Tetapi tetap saja kawan saya tidak mendapat jawaban “Rahasia Menulis dari saya” sampai dia mau membeli buku saya. (ha…10x).

Karena saya menghargainya sebagai sahabat saya maka saya beberkan padanya bahwa rahasia saya menulis buku pertama saya terjadi setelah saya menunggu selama 10 tahun penantian. Itupun terhenti karena dia mengatakan,”Ah masak, gak mungkin lah,” . Akhirnya rahasia itupun tidak jadi saya beberkan padanya. Rahasia tersebut saya buka di tulisan ini. Rahasianya karena saya suka menulis, saya baca buku bagaimana cara menulis, saya praktekkan caranya seperti menulis di buku diary. Hebatnya saya punya buku diary selama 10 tahun. Jadi materi tulisan saya itu adalah materi buku diary yang saya sadur, saya sesuaikan dengan motivasi sehingga terbitlah buku pertama saya dengan judul “33 CARA MEREVOLUSI HIDUP”.

Awalnya sebenarnya saya ingin memberi judul memulai hidup baru, namun dengan berbagai pertimbangan maka saya putuskan untuk menggantinya dengan judul merevolusi hidup. Tulisan saya yang awalny adalah bagaiamana memulai hidup baru, saya revisi, saya edit satu per satu menjadi merevolusi hidup kemudian saya kirimkan kepada penerbit. Dengan sabar saya menunggu proses 50 hari editing naskah, karena saya memilih paket reguler bukan paket terbit cepat satu minggu. Akhirnya 50 hari berlalu dan buku saya diterbitkan, betapa bahagianya hati saya.

Advertisements

One thought on “Rahasia Menulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s